Sensus Penduduk 2010 / SP2010:

Pastikan Anda Dihitung (BPS)

Pastikan Anda Dihitung (BPS)

Sensus Penduduk 2010: Untuk Kualitas Hidup Bangsa Indonesia yang lebih Baik.

Pendahuluan

Setelah berhasil mendata pada tahun 2000 diketahui jumlah penduduk Indonesia pada tahun itu mencapai 205,1 juta orang. Tahun 2010 ini ada berapa ya penduduk Indonesia secara pasti, bukan dengan proyeksi atau perkiraan? Jawabannya akan ketahuan setelah data SP 2010 ditabulasi.

Sensus Penduduk merupakan kegiatan pengumpulan data mengenai karakteristik (ciri) penduduk Indonesia. Secara umum Sensus Penduduk dapat disebut sebagai penghitungan atau pendataan seluruh penduduk Indonesia.
Sensus Penduduk tahun 2010 (SP2010) bertujuan untuk mendapatkan data dasar kependudukan berupa jumlah dan karakteristik penduduk seperti: nama, pendidikan, jenis kelamin, kelahiran, kematian, dll.

Manfaat

Hasil SP2010 bermanfaat untuk menyusun statistik kependudukan sampai dengan wilayah administrasi terkecil. Hasil SP2010 juga digunakan untuk menghitung proyeksi jumlah penduduk di masa datang yang sangat dibutuhkan dalam penyusunan rencana dan evaluasi pembangunan. Hasil Sensus Penduduk 2010 mempunyai kegunaan strategis secara internal sebagai bahan koreksi dan pengendali data kependudukan, menjadi dasar proyeksi jumlah penduduk dekade 2010-an, basis untuk pemutakhiran dan pengembangan survei rumah tangga di Indonesia, dan menjadi fondasi bagi pembangunan statistik wilayah kecil. Secara eksternal hasil sensus ini digunakan sebagai dasar pembangunan statistik administrasi kependudukan dan evaluasi pencapaian sasaran pembangunan global.

2 Tahapan

Ada dua tahapan yang dilakukan pada Sensus Penduduk 2010 ini seperti disampaikan Bapak Ruswan Heriawan (Kepala Badan Pusat Statistik / BPS) dalam wawancara di acara bincang televisi “Apa Kabar Indonesia TV One”, 1 Mei 2010 jam 07.00. Yang pertama adalah petugas melakukan pendataan awal mengenai jumlah penduduk di wilayah Indonesia dengan mendatangi seluruh rumah dan tempat tinggal orang. Setelah mendata nama kepala keluarga dan jumlah anggota keluarga maka di rumah tersebut ditempel stiker Sensus Penduduk 2010.

Kemudian pada tahap kedua dilakukan wawancara oleh petugas sensus yang berseragam rompi Sensus berwarna biru dengan jumlah pertanyaan sebanyak 83 item. Pertanyaan mulai dari karakteristik umum seperti nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan, sosial ekonomi dan data demografis yang lain. Jadi tahap yang kedua ini adalah Sensus yang sebenarnya, sedangkan tahap pertama adalah adalah kegiatan persiapannya.

Ada dua tahap ini tujuannya adalah mengurangi kemungkinan adanya responden yang terlewat apabila dilakukan hanya satu tahap. Jadi penduduk dan rumah dilist dahulu baru disensus dengan wawancara pada tahap kedua.

Partisipasi Rakyat

Sensus Penduduk adalah kegiatan besar yang membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif banyak pihak termasuk seluruh unsur masyarakat. Tanpa dukungan penuh dari masyarakat maka tujuan kegiatan ini mustahil dapat tercapai. Hal ini karena data hasil Sensus Penduduk merupakan suatu pijakan bagi perencanaan dan evaluasi program-program pembangunan pemerintah yang berkelanjutan. Merupakan tantangan yang besar bagi BPS untuk dapat memberikan advokasi kepada masyarakat agar mendukung semua tahapan kegiatan SP2010 dan memastikan bahwa data SP2010 merupakan sumber data dasar kependudukan yang kredibel.

Presiden sendiri mengimbau rakyat Indonesia berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2010. Kepala Negara menegaskan pentingnya seluruh penduduk Indonesia berpartisipasi. Sebab data yang akan dihimpun lebih spesifik dari sensus sebelumnya (liputan6.com).

Mohon disampaikan kepada keluarga kita, tetangga kita, teman-teman kantor kita dan sahabat-sahabat di facebook, twitter, friendster serta jejaring sosial kita yang lain. Pastikan semua orang dihitung (bagaimana dengan saudara kita yang jadi TKI di luar negeri ya?). Suksesnya kegiatan ini akan berdampak positif terhadap kehidupan bangsa ini ke masa depan dengan adanya data dasar untuk penomoran individu di Indonesia.

Oh ya dalam kegiatan ini sama sekali tidak ada biaya dan pungutan yang dibebankan kepada keluarga yang menjadi target sensus. Kalau ada yang meminta bayaran ditolak saja demikian disampaikan oleh Bapak Ruswan, kepala BPS.

Selain itu, kalau memang ada keluarga yang tertinggal tidak dihitung maka segeralah aktif menghubungi pengurus RT/RW tempat domisili kawan-kawan sekalian agar petugas dapat melakukan sensus dan wawancara.

Agenda Kegiatan

Selama sebulan, sebanyak 700 ribu petugas pencacah atau enumerator  akan mendatangi 88.361 desa di 6.579 kecamatan dan 497 kabupaten kota yang ada di 33 propinsi di Indonesia. Untuk mendata gelandangan dan para tuna wisma dan anak buah kapal, petugas akan dikerahkan pada malam hari. Kalau yang di luar negeri bagaimana ya? Apakah mereka dihitung juga?

Tanggal pendataan:
1-31 Mei 2010 (untuk yang bertempat tinggal tetap)
15 Mei 2010 (untuk yang tidak bertempat tinggal tetap, yaitu pukul 24.00-06.00 dini hari 16 Mei 2010)

Informasi Lanjutan

Facebook: SP2010 http://www.facebook.com/group.php?gid=55268024710

BPS: http://www.bps.go.id/aboutus.php?sp=1

madsyair.wordpress.com: http://madsyair.wordpress.com/2009/03/25/sensus-penduduk-akan-dilaksanakan-tahun-2010-pastikan-anda-didata/

Liputan 6: http://berita.liputan6.com/sosbud/201005/275004/SBY.Sensus.2010.Berbeda.dari.Sebelumnya

Pertanyaan

Pertanyaan-pertanyaan seputar Sensus Penduduk:

Wawancara Bapak Jamal Sekretaris Utama BPS dengan Penyiar Metro TV Cheryl Tanzil dan Timothy Marbun di MetroTV live 06.30 Senin, 3 Mei 2010. Dengan topik Bagaimana transparansi pelaksanaan Sensus Penduduk 2010.

Bagaimana pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 di wilayah Indonesia yang sulit. Kalau di perkotaan kan medannya relatif mudah sekali tapi bagaimana dengan wilayah pegunungan dan hutan rimba, daerah terpencil, pulau2 kecil serta daerah yang dipisahkan oleh sungai-sungai besar? Dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 BPS melakukan metode membagi-bagi wilayah pencacahan, kelurahan dipecah-pecah atau diperkecil menjadi blok-blok sensus. Masing-masing blok sensus ada petugas cacah yang akan melakukan kegiatan sensus. Masing-masing petugas sensus berbeda-beda tanggung jawabnya. Misalnya di Papua, petugas sensus di sana sebagian hanya bertugas mendata 10-15 kepala keluarga (KK) karena pemukimannya terpencar-pencar.

Bagaimana cara mempertinggi tingkat kepercayaan data Sensus Penduduk 2010? Kalau respondennya tidak jujur bagaimana? Petugas sensus telah dilatih 3 hari dengan pembekalan pengetahuan, pengenalan instrumen, dan teknik menggali informasi responden. Namun jika dari sisi respondennya yang tidak mau terbuka dan jujur tentu petugas cacah BPS tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Memang ada hambatan dan kesulitan untuk memberikan informasi kepada orang yang belum begitu dikenal. Untuk BPS sendiri dalam mengantisipasi keadaan ini telah melakukan beberapa pendekatan kepada masyarakat sebelumnya. BPS sendiri sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, melalui iklan layanan masyarakat SP 2010. Jadi seharusnya tidak ada alas an bagi masyakarat untuk tidak terbuka. Pertanyaannya juga gampang-gampang seperti nama, usia, pendidikan, pekerjaan dan lain-lain. Jadi diharapkan para responden untuk terbuka berbagi data.

Perbedaan data sensus versus data administrasi yang ada di kelurahan? Sepertinya saling melengkapi, ada beberapa data tidak tersedia di data administrasi sementara di sensus ada. Pada sensus ini petugas datang ke rumah-rumah penduduk. Bahkan rumah kosong juga didatangi dan diberi label, keterangan juga bisa dihimpun dari orang-orang di sekitar seperti tetangga samping rumah. Secara internasional memang namanya seharusnya sensus penduduk dan perumahan, namun yang lebih dikenal sekarang adalah sensus penduduk. Jadi datanya saling melengkapi karena pada data administrasi tidak tersedia data perumahan.

Rompi kenapa berwarna biru? Kenapa bukan merah atau warna lain? Atau kombinasi? Masalah warna rompi tidak dipengaruhi oleh suatu pesanan atau partai politik tertentu. Tidak ada kaitan apapun dengan siapa atau apapun.

Kenapa cuma sebulan kegiatan sensus ini? Apakah cukup waktu sebulan? Dengan melihat jumlah petugas yang terlibat yaitu mencapai 700.000 petugas maka waktu sebulan diharapkan cukup untuk mencapai target Sensus Penduduk 2010 ini.

Honor dan insentif petugas sensus penduduk? Honor PJL (Petugas Pendata) sebesar Rp2,5 juta rupiah sebulan sedangkan Kortim yang membawahi 3 orang lebih besar sedikit. Di DKI sendiri honor PJL mencapai Rp2,8juta rupiah. Honor tersebut tidak dibayarkan langsung oleh BPS tapi melalui pihak ketiga yaitu bank-bank atau kantor-kantor pos yang ditunjuk.

Kerja, beraktivitas dan bertempat tinggal di kota namun waktu disensus sedang pulang kampung/di daerah? Bagaimana dan apa yang harus dilakukan? Jika demikian keadaannya maka seharusnya ia dicacah di kota, tempat ia biasa beraktivitas.

Hasil Sensus Penduduk 2010

Hasil sensus tidak boleh diberikan secara langsung kepada individu tetapi diberikan kepada kementerian-kementerian, badan pemerintah pusat dan daerah serta lembaga-lembaga non pemerintah yang membutuhkannya.

.xls .xlsx

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: