Rekomendasi Adminkes

Suasana Kuliah Adminkes

Suasana Ruang Kuliah Adminkes

Rekomendasi setelah mengikuti pelatihan Jabfung Adminkes di BBPK Jakarta, CIlandak

  1. Pengetahuan dan keterampilan yang didapat pada pelatihan Jabfung Adminkes ini adalah sangat penting dan berguna bagi saya. Hasilnya diharapkan dapat saya aplikasikan pada kegiatan harian di Institusi Kesehatan sebagai Pejabat Fungsional Administrator Kesehatan.
  2. Institusi kesehatan kami sebagai satu rumah sakit terbesar di Indonesia menurut penilaian Narasumber dan Widyaiswara kegiatan pelatihan tersebut seharusnya mempunyai beberapa tenaga dengan Jabatan Fungsional Administrator Kesehatan karena besarnya dan banyaknya kegiatan pelayanan administrasi kesehatan di rumah sakit tersebut.
  3. Kegiatan Bidang Pelayanan Medik banyak yang masuk dalam kategori kegiatan yang mendapat angka kredit untuk Jabfung Adminkes yaitu dalam unsur pelayanan administrasi kesehatan seperti mengumpulkan, mengolah dan membuat rekapan laporan-laporan kegiatan pelayanan medik dari Departemen/Unit Kerja dan lain sebagainya.
  4. Kami mengharapkan agar Bagian SDM memperhatikan tenaga yang berpendidikan sarjana kesehatan dan bekerja di pelayanan administrasi agar dapat diusulkan sebagai tenaga Fungsional Administrator Kesehatan ke Kementerian Kesehatan RI. Selaras dengan perhatian dari pemerintah yang telah memberikan ruang agar setiap tenaga yang berpendidikan kesehatan memiliki salah satu dari 30 jabatan fungsional  bidang kesehatan yang tersedia. Untuk itu perlu diadakan in house training Jabfung Adminkes bagi mereka sehingga mereka dapat memenuhi persyaratan pengangkatan pertama dengan biaya swadana.
  5. Kegiatan ini jika diadakan lagi maka Institusi Kesehatan kami harus mengirimkan kembali peserta untuk pelatihan tersebut. Dengan tetap memperhatikan latar belakang pendidikan yaitu Sarjana Kesehatan dan bekerja pada Bagian/Unit Kerja yang berhubungan dengan pelayanan administrasi kesehatan karena ternyata dari RS lain ada yang salah mengirimkan tenaga (yaitu pendidikannya non kesehatan dan bidang kerjanya tidak sesuai dengan ruang lingkup adminkes)

Demikian rekomendasi kami. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih

19 Tanggapan to “Rekomendasi Adminkes”

  1. Sutrisno, SKM Says:

    saya kemarin dari tanggal 18 s.d 27 nopember 2010 habis pelatihan jabfung adminkes di bapelkes salaman magelang, pada kesempatan tersebut kami mengusulkan agar setiap pegawai yang diangkat dalam jabatan funsional non pendidikan ( Adminkes, penyuluh, epedemiolog, entomolog, dll ) agar dilakukan inpasing, dimana penetapan angka kredit agar memperhatikan masa kerja dalam golongan. Sebagai contoh. Saya Gol III b masa kerja 2 tahun, dalam PAK selain memperhatikan Ijazah, Sertifikat juga bisa ditetapkan dengan Angka Kredit 174 ( Tabel penyesuaian ke dalam jabfung adminkes). sebagai alasan saya adalah lebih memberikan penghargaan bagi pegawai bukan merugikan pegawai, karena kalau saya diangkat pertama tanpa memperhatikan masa kerja maka PAK saya hanya berkisar 102. Hal ini akan merugikan saya ketika saya harus naik Gol III C, karena saya harus mengumpulkan point sebanyak 200 yang kemungkinan harus saya tempuh selama 6 – 8 tahun, padahal kalau saya reguler saya bisa naik III c dua tahun lagi. Kemarin saya sudah mengusulkan lewat WI Pusat ( P. Gultom ). Ayo berjuang bersama semoga bisa Inpasing…

  2. Sukarno Says:

    Tolong sy di kasih info: Fungsionl admnkes di rs, apakah bisa di terima, rs mana yg sudah jln, impasing nya, bgmna penilaian AK nya. TQU for all.

    • adminkes Says:

      Rumah sakit jika banyak data/laporan maka bisa saja mengajukan Jabfung Admninkes. Saya dan banyak teman peserta pelatihan Adminkes juga bekerja di RS Umum/RS Jiwa/RS Khusus, RSU Daerah

  3. Andreas Kirwelakubun, SKM Says:

    Saya pegawai di Kabupaten baru dimekarkan dan belum ada tenaga administrator kesehatan. Bagaimana cara mendapatkan informasi yang jelas ttg hal tersebut?

    • adminkes Says:

      Untuk mendapatkan jabfung ini harus ikut pelatihannya dulu (10 hari) jadi harus cari informasi ke Balai Pelatihan Kesehatan Setempat pak. ATau buka situs BPPK CIlandak. Saya rasa peluang anda besar sekali Bp Andreas. Selamat mencoba

    • adminkes Says:

      Bapak Andreas Kirwelakubun SKM
      Terima kasih. Informasinya sendiri ada di PPSDM (Pusat Pengembangan SDM) Kesehatan di Hang Jebat dan BBPK (Balai Besar Pelatihan Kesehatan) Cilandak

  4. sukarno Says:

    sy per april 2011 menjadi tenaga fungsioanal adminkes, tingkat pertama gol III b. kalau boleh saya minta email temen adminkes untuk membagi pengalaman,

  5. sukarno Says:

    sy sangat setuju dengan apa yang diungkapkan p sutrisno SKM, ini npun sy alami, sy gol III b per okt 2009, impasing saya paka S2 kesmas, tapi ketika fungsional adminkes turun tertera dengan AK 150, kok pengalaman kerja saya tdk ada harganya ya.

  6. arie,skm Says:

    kita juga baru beberapa bulan lalu memenuhi persyaratan pengangkatan pertama dalam adminkes untuk wilayah Jawa timur sekarang masih nunggu sk penangakatan pertama, untuk semua rekan yang sedang memperjuangkan eksistensi adminkes di bidang kesehatan kami harap juga saling berbagi info. trima kasih

  7. Sani Hikmah H Says:

    mau tanya nich: klo untuk alumni adminkes ini skrg dlm pencapaian poin angka kredit nya gmn ga ada masalah kah….klo seperti di daerah untuk adminkes belum ada tim penilainya jd gimana yach…mungkin bisa kasih pengalamannya setelah mengikuti pelatihan nya

  8. Neng Oepix Betapok Says:

    saya mo tanya, kalo S1 Ekonomi jurusan Manajemen Rumah sakit bisa menjabat sebagai adminkes gak ya?? soalnya SK PNS saya untuk jabatan adminkes. untuk mendapatkan pelatihan jabfung adminkes informasinya dari mana ya???

  9. Anchyl Lama Says:

    saya mw tanya, sy lulusan Administrasi Kesehatan Masyarakat dan bekerja di Rumah Sakit Umum Daaerah, sy sudah mendapatkan Sk Fungsional, masalahnya skrg adalah sy hrus naik pangkat periode oktober 2013 tetapi sy tdk pnya juknis utk penetapan angka kreditny…apa sy bs d bntu???

  10. Dwi Hermanto Says:

    Saya Dwi Hermanto,SKM Mau nanya Informasi terbaru Pelatihan Adminkes Tahun 2013 wilayah Sumut kapan ya? Karena Per 1 April 2014 saya pengusulan naik pangkat ke IIIc.., Mohon di
    konfirmasi ya…

  11. ayu Says:

    saya PNS di kabupaten Magelang,, sedang mencari info pelatihan fungsional untuk adminkes untuk tahun 2014.. apa ada yang tahu info tersebut? karena saya dminta segera buat PAK oleh kepegawaian dinkes. Saya coba searching di internet tentang pelatihan tersebut, tapi pelatihan yang ada dipungut biaya yang mahal, sekitar 4-5 juta.. Mohon informasi pelatihan fungsional adminkes, syukur bila ada biaya ditanggung..

  12. Hari Sumarno Says:

    Kami dari Dinkes Trenggalek, Jawa Timur, sdh diangkat Adminkes, per : 1 April 2013, mohon dapatnya dishare buku catatan harian seorang adminkes….

Tinggalkan Balasan

