Fakta dan Interpretasi

Kuliah Bikin Laporan

Kuliah Bikin Laporan

Jumat, 26 Maret 2010

Saat pelatihan Jabfung Adminkes kemarin kita mendapatkan 16 materi pengetahuan dan pelatihan. Salah satu materi yang kita terima adalah mengenai karya tulis ilmiah. Untuk menulis ilmiah kita diharapkan mampu menjadi observer (pengamat) data dan fakta di lapangan yang baik. Oleh Bapak Sudiharto, S.Kp, M.Kes, SRN kita diajarkan menghunjam ke dasar sekali dari pengetahuan kita dalam memaparkan sebuah peristiwa/kejadian. Kita diberikan contoh yang sangat gamblang mengenai perbedaan antara fakta dan data dengan interpretasi. Data sama dengan fakta. Data dan fakta tidak sama dengan interpretasi. Kita berlatih menjadi observer. Sebagai seorang pengamat yang melihat dan melaporkan suatu peristiwa.

Bahkan dari contoh latihan tersebut dapat dibuatkan persentasenya mengenai daya ungkap fakta dibandingkan dengan interpretasi kelas terhadap satu kejadian.Kalau interpretasi itu cenderung ke penafsiran seseorang terhadap seseorang atau sesuatu, jadi sudah subyektif. Sementara kalau mengungkap fakta apa adanya itu adalah bentuk pengungkapan obyektif. Jadi harus dihilangkan kecondongan atau keberpihakan sikap/pendapat seseorang dalam mengungkapkan sebuah fakta. Dalam karya tulis ilmiah sampaikanlah apa adanya, jangan ditambah embel-embel dan pemikiran sendiri. Biarkan suatu fakta itu jernih, biar orang mengambil kesimpulannya sendiri.

Dalam menulis ilmiah buang jauh-jauh interpretasi. Ungkapkan hanya data dan fakta. Tulisan ilmiah itu tidak ada rasa benar dan salah dari penulisnya.

AYO MENULIS

Pesan Pak Ato kepada para calon administrator kesehatan adalah untuk rajin-rajin membuat tulisan dan melakukan penelitian di lapangan dalam bidang kesehatan masyarakat. Beliau merasa miris sekali, bagaimana mungkin seorang ahli peneliti suku asmat bukan berasal dari Indonesia tapi dari London dan ahli peneliti tumbuh-tumbuhan Kalimantan juga bukan berasal dari Indonesia tapi dari Australia.

Padahal dengan melakukan penelitian di lapangan banyak masalah kesehatan mampu difahami dan diatasi dengan baik. Misalnya pengetahuan sosial budaya orang Sunda dan Orang Minang ternyata mempengaruhi kesehatannya. Orang Sunda dengan pola makannya lebih banyak sayur2an daripada daging ternyata kadar lemak tubuhnya relatif rendah dibandingkan dengan orang Minang yang suka rendang, jeroan dan daging2an. Hal ini menyebabkan Orang Sunda mengalami defisiensi Vitamin A karena vit A hanya dapat melarut dalam lemak. Jadi walaupun makan banyak bahan Vitamin A tapi tidak dapat diserap tubuh karena karakteristik orang sunda tersebut.

Sementara orang Minang karena makan berlemak dan penuh minyak maka jarang BAB, rata-rata BAB hanya 2-3x seminggu. Pada kelompok ini menurut penelitian Pak Ato orang Minang rentan terkena kanker saluran pencernaan.

Oke selamat menulis, selamat meneliti. Semangat menulis, semangat meneliti.

Tag: ,

2 Tanggapan to “Fakta dan Interpretasi”

  1. oki Says:

    saya sangat mengharapkan informasi dari pertanyaan berikut :

    1. adakah solusi agar pegawai di daerah dapat diangkat menjadi adminkes tanpa adanya pelatihan jafung adminkes ini ?
    2. siapakah yg berhak untuk melaksanakan pelatihan jafung adminkes ?

    terimakasih atas responsnya, tolong di e-mail ke saya ya….

    • adminkes Says:

      1. Persyaratannya mengharuskan diklat adminkes dulu baru bisa diusulkan, kalau mau bisa menghubungi BBPK (Balai Pelatihan Kesehatan) setempat untuk diadakan in house training Adminkes tapi biaya ditanggung sendiri. Besar biayanya mungkin bisa ditanya ke BBPK setempat.
      2. Pelaksananya agar sertifikatnya diakui Depkes setahu aku dari BBPK/Bapelkes saja dan ada satu badan pemerintah lagi tapi saya lupa
      NB: Sudah saya email juga jawabannnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: